Ad Code

Responsive Advertisement

Resensinovel Laskar Pelangi Park II


RESENSINOVEL LASKAR PELANGI


Judul Buku : Lascar Pelangi
Penulis : Andrea Hirata
Negara : Indonesia
Bahasa : Indonesia
Genre : Roman
Penerbit : Bentang Pustaka, Yogyakarta
Tanggal Terbit : 2005
Halaman : xxxiv, 529 Halaman
ISBN : ISBN 979 – 3063 – 79 – 7
Sinopsis

Sebelas anak Melayu Belitong yang disebut Laskar Pelangi ini takmenyerah walau keadaan tak bersimpati pada mereka. Sebut saja Lintang,seorang kuli kopra cilik, yang genius dan dengan senang hati bersepeda 80kilometer pulang pergi untuk memuaskan dahaganya akan ilmu-bahkanterkadang hanya untuk menyanyikan lagu padamu negeri di akhir jamsekolah. Atau Mahar, seorang pesuruh tukang parut kelapa sekaligusseniman dadakan yang imajinatif, tak logis, kreatif, dan sering diremehkansahabat-sahabatnya, namun berhasil mengangkat derajat sekolah kampungmereka dalam karnaval 17 Agustus.Selami ironisnya kehidupan mereka, kejujuran pemikiran mereka,indahnya petualangan mereka dan temukan diri anda tertawa, menangis,dan tersentuh saat membaca setiap lembarnya. Novel ini dipersembahkanbuat mereka yang meyakini the magic of childhood memories dankhususnya juga buat siapa saja yang masih percaya akan adanya pintukeajaiban lain untuk mengubah dunia pendidikan. Di tengah upaya untuktetap mempertahankan sekolah, mereka kembali harus menghadapitantangan yang besar.

Kelemahan

Kelemahannya yaitu penggunaan nama-nama ilmiah dalam cerita-ceritanya. Hal ini membuat pembaca kurang nyaman dalam membaca.Apalagi glosarium diletakkan di bagian belakang novel. Hal ini menambahketidakpraktisan memahami istilah-istilah ini. Selain itu, imajinasi pembacabisa terhambat jika mereka tak memahami istilah-istilah tersebut.Alurnya yang tidak jelas. Tidak seperti Harry Potter atau Ayat-AyatCinta dengan alur yang enak diikuti, cerita-cerita dalam Laskar Pelangi inialur waktunya dibolak-balik sehingga membingungkan pembaca. Apalagitidak disebutkan tahun berapakah tiap-tiap peristiwa itu terjadi.

Kelebihan

kelebihannya buku ini menceritakan tentang persahabatan dan setiakawanan yang erat dan juga mencakup pentingnya pendidikan yang begitumendalam. Serta kisahnya yang mengharukan.

Kesimpulan

Dari novel yang di buat oleh Andre Hirata ini, saya dapat mengambilbeberapa pelajaran hidup yang penting, salah satunya kita harus benar-benar menghargai hidup, menghargai semua pemberian Tuhan, tidakpantang menyerah bila menginginkan sesuatu, dan tidak ada yang tidakmungkin asalkan kita mau dan berusaha. Dan satu lagi, pintar tidakmenjamin kita untuk selalu sukses, seperti cerita pada tokoh lintang, diaanak yang pintar, namun diakhir cerita dia menjadi seorang supir truk, disinisaya dapat mengambil kesimpulan, bahwa semua kehidupan manusia sudahada yang mengaturnya, yaitu Tuhan. Semua yang kita kerjakan tidak lepasdari campur tangan Tuhan.

Saran

Berikut beberapa saran dari saya, penggunaan nama-nama ilmiahdikurangi, agar para pembaca nyaman dalam membaca dan memahamimaknanya serta menyebutkan tahun di tiap-tiap peristiwa yang terjadi agartidak membuat pembaca bingung dengan alurnya.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu