Ad Code

Responsive Advertisement

Proposal Permohonan Bantuan Pendidikan (S1)

Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Permohonan Beasiswa
Kepada Yth:
Bapak Bupati Parigi Moutong
Dengan hormat,
Bersama ini saya sampaikan bahwa saya adalah salah seorang mahasiswa asal Desa Bolano Kec. Lambunu Bolano, Kab. Parigi Moutong, yang sedang menunutut ilmu di Fakultas Pertanian di Universitas Alkhairaat Palu- semester empat (V). Saat ini saya bertempat tinggal di Secret Pertanian Jl. Diponegoro No 16 Kel. Lere. Palu Barat.
Sehubungan kebutuhasn akan peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) dan sarana pendidikan, maka saya memberanikan diri untuk mengajukan permohonan beasiswa kepada bapak. Besar harapan saya agar bapak berkenan untuk memberikan bantuan. Atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.

Palu 25 Juni 2009
Hormat Saya

SALMIN MOINTI

PROPOSAL
BANTUAN BEASISWA

A. Pendahuluan
Dalam undang-undang dasar tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan dari kemerdekaan kita adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Namun sejak beberapa dekade lewat tujuan itu telah mengalami pergeseran. Setidaknya terlihat dari agenda pembangunan yang telah digariskan oleh para pemimpin-pemimpin bangsa, dimana penciptaan sumber daya manusia melalui pendidikan masih sangat lemah jika di bandingkan dengan sektor-sektor lainnya. Akibatnya dapat dirasakan sekarang diman mayoritas SDM anak bangsa ini lemah, apalagi mereka yang berada di luar daerah pulau jawa. Padahal potensi baik disektor manusia maupun potensi alamnya sangat besar, yang pada akhirnya menjadi terabaikan selain habis dieksploitasi oleh pihak lain, juga akibat SDM di daerah sendiri terlalu lemah.
Diantara posisi daerah yang besar sebagai cikal bakal daerah yang maju adalah memilliki sumber daya alam yang besar dan letaknya yang strategis. Begitu juga dengan kabupaten Parigi Moutong yang sangat kaya akan kekeyaan alamnya serta letaknya yang strategis sangatlah berpotensi untuk menjadi daerah yang maju. Untuk mencapainya tidaklah mudah, suatu daerah haruslah memiliki sumber daya manusia yang handal dan profesional untuk mengelolanya agar bisa tercapai maksud dan tujuannya tersebut. Karena bagaimna pun melimpahnya sumber daya alam, tanpa adanya kemampuan sumber daya manusia unutk mengolahnya maka akan sia-sia.
Pengembangan sumber daya manusia adalah suatu upaya untuk menembangkan kualitas atau kemampuan sumber day manusia, agar mampu mengolah dan mengelola sumber day alam, sehingga dapat digunakan untuk kesejahteraan masyarakat sebagai akhir dari tujuan pembangunan itu sendiri. Maka dari itu sebagai generasi penerus, unutk mengembangakan Kabupaten Parigi Moutong selanjutnya saya sangat mengharapkan peran pemerintah daerah kabupaten Parigi Moutong selaku institusi yang diberi hak oleh rakyat haruslah melakukan tugasnya selain untuk mengembangkan Kabupaten Parigi Moutong itu sendiri juga membangun untuk mendidik putra-putri daerah agar menjadi generasi yang handal, profesional dan berkualitas untuk membangun daerahnya sendiri
Dilatar belakangi hal tersebut saya sangat berharap pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dapat membantu mengurangi beban keuangan yang menjadi kendala dalam meningkatkan prestasi belajar. Dengan semakin dinamisnya perkembangan dunia pendidikan dan tuntutan peningkatan mutu lulusan perguruan tinggi, maka perbaikan dan peningkatan sarana penunjang belajar adalah mutlak diperlukan.
Salah satu upaya yang saat ini saya harapkan dari pemerintah daerah Kabupaten Parigi Moutong adalah dapat memberikan bantuan beasiswa bagi beasiswa bagi mahasiswa asal Desa Bolano. Karena bantuan ini sangat berarti dalam menunujang kelancaran dan keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan masa belajarnya.

B. Tujuan
Tujuan dari pengajuan permohonan beasiswa ini dapat disebutkan sebagai berikut :
• Untuk meringankan beban orang tua dalam membiayai kuliah.
• Memacu daya saing untuk meningkatkan mutu pendidikan dan kemampuan dalam mengembnagkan   
   potensi diri.
• Perbaikan sarana penunjang belajar.
• Sebagai salah satu wujud nyata kepedulian pemerintah Kabupaten Parigi Moutong terhadap 
   peningkatan   SDM di Kabupaten Parigi Moutong. Khususnya Di desa Bolano

C. Estimasi Biaya Pendidikan
No                                Uraian                                                         Jumlah
1         Pembayaran SPP Rp 600.000,00 x 3 semester              Rp 1.800.000,00
2         Pembelian buku penunjang belajar                                  Rp 900.000,00
3         Tugas terstruktur                                                             Rp 500.000,00

Jumlah Rp 3.200.000,00
Terbilang : Tiga Juta Dua Ratus Ribu Rupiah

D. Lampiran
Dengan saya lampirkan beberapa persyaratan yaitu:
1. Transkrip Nilai
2. Surat Keterangan Aktif Kuliah
3. Foto Copy KTM
4. Foto Copy Kwitansi Pembayaran
5. Foto Copy KTP
6. Foto Copy KTP orang tua
7. Foto Copy KK

E. Penutup
Demikian proposal ini saya ajukan dengan harapan dapat dipertimbangkan dan disikapi sebagai mana mestinya. Atas perhatian dan kebijaksanaan bapak, saya ucapkan terima kasih.

Palu, 25 Juni 2009
Hormat saya

SALMIN MOINTI

Post a Comment

0 Comments

Close Menu