twitter rss

Popular Posts

Featured Post

Makalah Pancasila

BAB I PENDAHULUAN 1.1  Latar Belakang Sebagai dasar negara, Pancasila kembali diuji ketahanannya dalam era reformasi sekarang. Merekahnya m...

Menyambut Bulan Suci Ramdhan 1433 H

Sebentar lagi datang bulan puasa yang kali ini jatuh pada tanggal 21 Juli 2012 bertepatan dengan 1 ramadhan 1433 H. Ada baiknya kita mempersiapkan diri dari awal untuk menyambut datangnya bulan yang suci ini. Bulan Ramadhan yang memiliki banyak keutamaan, bulan dimana kitab Alquran diturunkan dan dibukanya pintu-pintu syurga serta ditutupnya pintu neraka. Bulan diturunkanya malam lailatul qadar yaitu malam seribu bulan dimana amalan dibulan Ramadhan akan dilipat gandakan pahalanya oleh Allah SWT.

Sebagaimana Rosul bersabda:

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ أَيُّوبَ وَقُتَيْبَةُ وَابْنُ حُجْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا إِسْمَعِيلُ وَهُوَ ابْنُ جَعْفَرٍ عَنْ أَبِي سُهَيْلٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِذَا جَاءَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ وَصُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ

Hadis riwayat Abu Hurairah رضي الله عنه: ia berkata:Bahwa Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda: Apabila tiba bulan Ramadan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutuplah pintu neraka dan setan-setan dibelenggu. Shahih Muslim.

Sebelum menjalankan ibadah puasa, sebaiknya kita mempersiapkan diri untuk membersihkan semua "dosa" sebelumnya. Mulailah belajar tidak berdusta, menjauhi perbuatan yang sia-sia apalagi amalan buruk yang mendatangkan dosa agar nanti jika Ramadhan tiba kita sudah benar-benar siap menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Agar nantinya kita berpuasa semata-mata hanya mengharapkan ridha Allah SWT agar diampuni dosa-dosa kita sebagaimana Nabi Muhammad bersabda:

Abu Hurairah berkata, "Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda, 'Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mencari keridhaan Allah, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu." Shahih Bukhory.

Tentang doa menyambut datangnya bulan puasa Ramadhan, Asy-Syaikh Shalih bin Fauzan Al-Fauzan menjawab bahwa tidak ada doa khusus dari Nabi Muhammad berkaitan dengan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Yang ada adalah doa datangnya bulan baru baik bulan Ramadhan maupun bulan-bulan lain. Rosulallah berdoa: "Ya Allah, terbitkanlah (dan tampakkanlah) hilal kepada kami (diiringi) dengan keberkahan dan keimanan serta keselamatan dan keislaman, (jadikanlah dia) sebagai hilal kebaikan dan petunjuk, Tuhanku dan Tuhanmu adalah Alloh." (HR. At-Tarmidzi (9/142).

Tapi jika kita berdoa kepada Allah SWT agar membantunya menjalankan puasa di bulan Ramadhan dan menerima puasanya, maka tidak apa-apa. Yang tidak boleh adalah mengkhususkan doa tertentu untuk menyambut bulan Ramadhan.Wallahu a’lam.

Semoga Ramadhan kali ini bisa meningkatkan kualitas ibadah kita baik ketika bulan puasa maupun setelah Ramadhan berlalu. Semoga bermanfaat.