SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2013
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.
Kompetensi
Mahasiswa
mengetahui kontrak perkuliahan semester genap, teknik penilaian, strategi,
sumber belajar, dan kesepakatan dosen dan mahasiswa tentang etikan dan kondisi
situasional dalam perkuliahan .
2.
Sub-Kompetensi : menjelaskan beberapa
konrtak perkuliahan semester genap 2011.
3.
Indikator
a. Mengetahui
rencana dan pelaksanaan perkuliahan semester genap, teknik penilaian, strateg,
dan sumber belajar.
b. Memahami
kesepakatan dosen dengan mahasiswa etika dan kondisi situasional selama
mengikuti perkuliahan.
4.
Tujuan Perkuliahan
a. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan rencana dan pelaksanaan
semester genap, teknik penilaian, sumber belajar perencanaan sistem
pembelajaran PAI.
b. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiwa dapat menjelaskan kesepakatan dosen dengan
mahasiswa tentang etika dan kondisi situasional dalam perkuliahan.
5.
Materi Ajar : Pendahuluan tentang
kontrak perkuliahan.
6.
Model Dan Metode Perkuliahan : Model :
Kooperatif dan kreatif
Metode : Tanya jawab, penugasan
7.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
|
Kegiatan Awal
|
· Membuka perkuliahan
dengan salam
dan do’a.
·
Mempersiapakan kondisi kelas, fisik, dan fiksis
belajar mahasiswa.
·
Melakukan appersepsi dan memberikan motivasi untuk
mengikuti perkuliahan PSPI.
·
Menyampaikan tujuan materi kontrak perkuliahan
pertemuan 1.
|
30’
|
|
Kegiatan Inti
|
· Dosen
memberikan penjelasan tentang kontra perkuliahan, mencakup keaktifan, etika,
tugas, dan evaluasi.
· Dosen dan
mahasiswa menyepakati kotrak perkuliahan .
· Dosen
mendestribusikan materi perkuliahan kepada mahasiwa secara sistematis.
· Dosen membagi
mahasiswa menjadi beberapa kelompok.
· Dosen
menjelaskan teknik penyusunan makalah sesuai pedoman penulisan karya ilmiah.
· Dosen
menugaskan mahasiwa untuk menyusun makalah untuk presentase utnuk pertemuan
ke 2 dan seterusnya.
· Dosen
menentukan beberapa buku terkait untuk di eksplorasi dan membuat resume
materi yang penting untuk di kuasai mahasiswa.
· Dosen
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk bertanya tentang kontrak
perkulaiahan.
|
100’
|
|
Kegiatan Penutup
|
· Dosen
memberikan penegasan kembali tentang kontrak perkuliahan.
· Dosen menugaskan
pada mahasiswa untuk menyelesaikan makalah dan resume tepat waktu
· Menutup
perkuliahan dengan doa dan salam.
|
20’
|
|
8.
Evaluasi : Evaluasi di lakukan pada
proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay.
9.
Instrument Penilaian Tulisan :
a. Apakah
anda mengerti tentang kontrak perkuliahan kita semester ini?
b. Sebutkan
beberapa kontrak yang harus kita taati selama perkuliahan .
c. Berapa
tugas yang harus anda selesaiakan dalam perkuliahan PSPI ini?
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2013
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.
Kompetensi :
Mahasiswa
mampu menjelaskan hakikat perencanaan sistem pembelajaran sistem PAI.
2.
Sub-Kompetensi : Menjelaskan hakikat
perencanaan sistem pembelajaran PAI.
3.
Indikator :
a. Mengetahui
pengertian, karakteristik, dan prinsip perencanaan sistem pembalajarn PAI.
b. Menguraikan
tujuan, manfaat dan lingkup perencanaan sistem pembalajaran.
4.
Tujuan Perkuliahan :
a. Setelah
mengikuti perkulaiahn mahasiswa sapat menjelaskan pengertian, karakteristik,
dan prinsip perencanaan sistempembelajaran PAI.
b. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelskan tujuan, manfaat, dan lingkup
perencanaan sistem pembelajaran PAI.
5.
Materi Ajar : hakikat perencanaan sistem
pembelajaran PAI.
6.
Model
Dan Metode Perkuliahan :
Model :
Kooperatif dan kreatif
Metode
: Diskusi, Tanya jawab,
penugasan.
7.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
|
Kegaiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegaiatan Awal
|
· Membuka
perkuliahan dengan salam dan doa.
· Mepersiapakn
kondisi kelas fisik, fiksis belajar mahasiswa
· Melakukan
appersepsi dan memberikan motivasi kuliah
· Menyampaiakan
tujuan materi perkuliahan pertemuan 2
|
30’
|
Kegiatan Inti
|
· Dosen
memberikan prolog tentang hakikat perencanaan sistem pembelajaran melalui
silang Tanya. Apa pengertian perencanaan secara etimologi dan terminology?
Bagaimana karakterristik perencanaan sistem pembelajaran PAI? Apa
prinsiop-prinsip dalam perencanaan sistem pembelajaran PAI?
· Dosen
membimbing diskusi kelompok di kelas
· Dosen
mempersilahakan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk
mempresentasikan pemakalah.
· Dosen
memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi
perkuliahan.
· Dosen mereviu
ketapan penyajian makalah yang sudah di presentasekan pemakalah
|
100’
|
Kegiatan
Penutup
|
· Dosen bersama mahasiswa menarik kesimpulan materi yang
sudah didiskusikan.
· Dosen
menugaskan mahasiswa untuk merevisi makalah untuk di serahkan pada akhir
perkuliahan.
· Menutup
perkuliahan dengan doa dan salam.
|
20’
|
8.
Evaluasi : Evaluasi di lakukan pada
prose dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test Essay
9.
Instrument Penilaian :
a. Jelaskan
pengertian perencanaan sistem pembelajaran PAI!
b. Uraiakan
beberapa karakteristik, dan prinsip perencanaan sistem pembelajaran PAI!
c. Apa tujuan dan manfaat perencanaan sistem
pembelajaran PAI!
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2013
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.
Kompetensi :
Menjelaskan
penggunaan pendekatan sistem dalam merancang pembelajaran PAI.
2.
Sub-Kompetensi : Menjelaskan penggunaan
pendekatan sistem dalam perencanaan pembelajaran PAI.
3.
Indicator :
a. Memahami
pengertian sistem dan pembelajaran PAI sebagai sebuah sistem yang harus
direncanakan dalam proses belajar mengajar.
b. Menyebutkan
langkah penggunaan pendekatan sistem
dalam merancang pembelajaran PAI.
4.
Tujuan Perkuliahan
a. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan pengertian sistem dan
pembelajaran PAI sebagai sebuah sistem yang harus di rencanakan dalam proses
belajar mengajar.
b. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menyebutkan langkah penggunaan pendekatan
sistem dalam merancang pembelajaran PAI
5.
Materi Ajar: Pendekatan sistem dan
penggunaan dalam perencanaan pembelajaran PAI.
6.
Model Dan Metode Perkuliahan: Model : Kooperatif
Metode :
Diskusi,Tanya jawab,penugasan
7.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Langka Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
● membuka perkuliahan dengan salam do’a
● mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan fisikal belajar
mahasiswa.
● melakukan eppersepsi dan memberikan motifasi
kuliah.
● menyempaikan
tujuan materi perkuliahan pertemuan
3 |
30’
|
Kegiatan Inti
|
● dosen memberikan prolog tentang seputar
pendekatan
sistem dan penggunaan dan dalam perencanaan pembelajaran PAI
●
dosen membimbing diskusi kelas
●
dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang
sudah di tugaskan untuk presentase makala
●
diskusi antara kelompok mahasiswa dari hasil
presentase pemakalah
● dosen memberikan beberapa pertanyaan untuk
mengukur ketercapaian materi perkuliahan
● dosen mereviu ketepan penyajian makalah
yang sudah
di presentasikan oleh pemakalah |
100’
|
Kegiatan Penutup
|
● dosen bersama mahasiswa manarik kesimpulan
materi
yang sudah di diskusikan
● Dosen menugaskan mahasiswa untuk merevisi
makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan
●
dosan mengingatkan kelompok pemakalah pertemuan
kuliah sekanjutnya.
●
menutup perkuliahan dengan do’a
|
20’
|
8.
Evaliasi: Evaluasi di lakukan pada
proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.
Intrumen Penelitian Tulisan:
a. Jelaskan
pengertian sistem
b. Mengapa
pembelajaran PAI di sebut sebagai sistem!
c. Bagaimana
langkah-langkah penggunaan pendekatan sistem dalam perencanaan pembelajaran
PAI?
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1. Kompotensi
Menjelaskan beberapa teori tentang
model-model pembelajaran
2. Sub-Kompotensi
: Menjelaskan beberapa teori tentang model-model pembelajran dalan pendidikan
3. Indicator:
a. Mengetahui
pengertian model pembelajaran berdasarkan konsep teoritiknya
b. Menyebutkan
beberapa jenis teori tentang model pembelajaran menurut para ahli pendidikan
4. Tujuan
Perkuliahan :
a. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menjelaskan pengertian tentang model
pembelajaran berdasarkan konsep teoritiknya.
b. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menyebut beberapa jenis teori tenteng
model pembelajaran menurut para ahli pendidikan
5. Materi
Ajar : Teori Tentang Model-Model Pembelajaran
6. Model
Dan Metode Perkuliahan: Model :
Kooperatif Dan Kreatif
Metode : Diskusi,Tanya jawab,penugasan
7. Langkah-Langkah
Pembelajara
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
● membuka perkuliahan dengan salam do’a
● mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan
fisikal belajar
mahasiswa.
● melakukan appersepsi dan memberikan
motivasi kuliah.
●
menyempaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan
4 |
30’
|
Kegiatan Inti
|
● dosen
memberikan prolog tentang seputar pendekatan
sistem dan penggunaan dan dalam perencanaan pembelajaran PAI
● dosen membimbing diskusi kelas
● dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang
sudah di tugaskan untuk presentase makala
● diskusi antara kelompok mahasiswa dari
hasil
presentase pemakalah
● dosen
memberikan beberapa pertanyaan untuk
mengukur ketercapaian materi perkuliahan
● dosen
mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah
di presentasikan oleh pemakalah |
100’
|
Kegiatan Penutup
|
● dosen
bersama mahasiswa manarik kesimpulan materi
yang sudah di diskusikan
● dosen
menugaskan mahasiswa untuk merevisi
makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan
● dosan mengingatkan kelompok pemakalah
pertemuan
kuliah sekanjutnya.
● menutup perkuliahan dengan do’a
|
20’
|
8. Evaliasi:
Evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test
essay
9. Intrumen
Penelitian Tulisan:
a. Telaskan
pengertian tentang model-model pembelajaran menurut para ahli
b. Uraikan
satu teori model pembelajaran yang dapat di laksanakan dalam pembelajaran PAI!
c. Sebutkan
berapa jenis teori model pembelajaran dalam pendidikan !
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.
kompotensi
Mendekrispsikan makna dan langkah-langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI
Mendekrispsikan makna dan langkah-langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI
2.
Sub Kompetensi: Menjelaskan makna dan
langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI
3.
indicator:
a. Memahami
makna dan langkah pengembangan model-model pembelajaran PAI
b. Mengurutkan langkah-langkah pengembangan model-model
pembelajaran PAI dalam proses pembelajaran
4.
Tujuan Perkuliahan
a. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat makna dan langkah pengembangan
model-model pembelajaran PAI berdasarkan konsep teoritiknya
b. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat mengurutkan langkah pengembangan
model-model pembelajaran PAI dalam
proses pembelajaran
5.
Materi Ajar : Pengembangan model-model
pembelajaran PAI berdasarkan konsep teoriknya
6.
Model Dan Metode Perkuliahan: Model : Kooperatif dan kreatif
Metode :
Diskusi,Tanya jawab,penugasan
7.
Langkah-Langkah Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
● Membuka perkuliahan dengan salam do’a
● Mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan
fisikal
Belajar
mahasiswa.
● Melakukan appersepsi dan memberikan
motivasi
kuliah.
●
menyempaikan tujuan materi perkuliahan
pertemuan 5 dan 6
|
30’
|
Kegiatan Inti
|
● dosen
memberikan prolog tentang seputar pendekatan sistem dan penggunaan dan dalam perencanaan pembelajaran
PAI
● dosen membimbing diskusi kelas
● dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang
sudah di tugaskan untuk presentase makala
● diskusi antara kelompok mahasiswa dari
hasil presentase pemakalah
● dosen
memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian materi perkuliahan
● dosen
mereviu ketepan penyajian makalah yang
sudah di presentasikan oleh pemakalah |
100’
|
Kegiatan
Penutup
|
● dosen
bersama mahasiswa manarik kesimpulan
materi yang sudah di diskusikan
● dosen
menugaskan mahasiswa untuk merevisi
makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan
● dosan mengingatkan kelompok pemakalah
pertemuan
kuliah sekanjutnya.
● menutup perkuliahan dengan do’a
|
20’
|
8. Evaliasi:
Evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test
essay
9. Instrument
penilayan tulisan:
a. Jelaskan
pengertian pengembangan model-model pembelajan dalam PAI!
b. Bagaimana
langkah-langkah pengembangan model-model pembelajaran dalam PAI?
c. Sebutkan
pengembangan model-model pembelajaran PAI mudah dipraktikan oleh guru?
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1. Kompetensi
Menjawab soal mid dengan benar
2. Sub-kompetensi:
menjawab soal mid sesuai materi PSPI yang suda di kaji pada pertemuan 1 sampai
6 dengan benar
3. Indicator
a. Menjawab
soal mid dengan benar sesuai petunjuk mengerjakan soal
b. Menyelaseikan
soal tepat waktunya
4. Tujuan
perkuliahan
a. Memantapkan
penguasaan mahasiswa tentang materi PSPI yang suda di kaji pada pertemuan 1
sampe 6
b. Mengetahui
capaian hasil perkulihan mahasiswa selama triwulan pertama selama masa
perkuliahan semester genap dan menjadi bahan refleksi bagi dosen pada
perkuliahan selanjutnya
5. Materi
ajar: mid semester
6. Model
dan metode perkuliahan: model :
kooperatif dan kreatif
metode : penugasan; menjawab soal mid
metode : penugasan; menjawab soal mid
7. Langkah-langkah
pembelajaran
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
● membuka perkuliahan dengan salam do’a
● mempersiapkan kondisi kelas, fisik dan
fisikal belajar
mahasiswa.
● melakukan appersepsi dan memberikan
motivasi kuliah.
●
menyempaikan tujuan materi perkuliahan pertemuan 7
|
30’
|
Kegiatan Inti
|
● dosen
memberikan prolog tentang seputar pendekatan
sistem dan penggunaan dan dalam perencanaan pembelajaran PAI
● dosen membimbing diskusi kelas
● dosen mempersilakan kelompok mahasiswa yang
sudah di tugaskan untuk presentase makala
● diskusi antara kelompok mahasiswa dari
hasil
presentase pemakalah
● dosen
memberikan beberapa pertanyaan untuk
mengukur ketercapaian materi perkuliahan
● dosen
mereviu ketepan penyajian makalah yang sudah
di presentasikan oleh pemakalah |
100’
|
Kegiatan Penutup
|
● dosen
bersama mahasiswa manarik kesimpulan materi
yang sudah di diskusikan
● dosen
menugaskan mahasiswa untuk merevisi
makalah untuk di serakan pada akhir perkuliahan
● dosan mengingatkan kelompok pemakalah
pertemuan
kuliah sekanjutnya.
● menutup perkuliahan dengan do’a
|
20’
|
8. Evaliasi:
evaluasi di lakukan pada proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test
essay
9. Instrument
penilayan tulisan:
a. Apakah
anda suda siap menghadapi ujian mid semester mata kuliah PSPI hari ini!
b. Sebutkan
beberapa tujuan perlu malaksanakan ujian mid semester!
c. Apakah
anda mampu manjawab semua soai PAI ujian mid semester dengan benar sesuai waktu
yang suda di tentukan ?
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.
Kompetensi :
Menjelaskan
model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP.
2.
Sub-kompetensi : menjelaskan model
pelaksanaan perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP.
3.
Indicator :
a. Menhetahui
model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP.
b. Menguraikan
langkah-langkah dan komponen perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP
4.
Tujuan perkuliahan :
a. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat mengetahui model perencanaan pembelajaran
PAI dalam KTSP.
b. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat menguraikan langkah-langkah dan komponen
perencanaan. Pembelajaran PAI dalam KTSP.
5.
Materi ajar : model perencanaan
pembelajaran PAI dalam KTSP.
6.
Model dan metode perkuliahan : model :
kooperatif dan kreatif
Metode : diskusi, Tanya jawab, penugasan.
7.
Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
· Membuka
perkuliahan dengan salam dan doa
· Mempersiapakn
kondisi kelas, fisik, dan fiksis belajar mahasiswa
· Melakukan
appersepsi dan memberikan motivasi kuliah
· Menyampaikan
tujuan materi perkuliahan pertemuan 8
|
30’
|
Kegiatan Inti
|
· Dosen
memberikan prolog tentang model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP
· Dosen
membimbing diskusi kelompok di kelas
· Dosen
mempersilahkan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase
makalah
· Diskusi antara
kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah.
· Dosen
memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi
perkuliahan.
· Dosen merviu
ketapan penyajian makalah yang sudah dipresentasekan pemakalah
|
100’
|
Kegiatan Penutup
|
· Dosen bersama
mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan .
· Dosen
menugaskan mahasiswa untuk merevsisi makalah untuk diserahkan pada akhir
perkuliahan
· Menutup
perkuliahan dengan doa.
|
20’
|
8.
Evaluasi : evaluasi di lakukan pada
proses dan aklhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.
Instrument penilaian tulisan :
a. Jelaskan
pengertian model perencanaan pembelajaran PAI dalam KTSP
b. Bagaimana
langkah-langkah perencanaan sistem pembelajaran PAI dalam KTSP.
c. Sebutkan
komponen-komponen perencanaan sistem pembelajaran PAI dalam KTSP.
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.
Kompetensi :
Mendeskkripsikan
perancanaan materi dan alat penilaian yang sinergis dalam pembelajaran PAI.
2.
Sub-kompetensi : mengetahui teknik
perencanaan materi dan alat penilaian yang relevan dalam pembelajaran PAI.
3.
Indicator :
a. Merencanakan
materi dan penilaian pembelajaran PAI yang sinergis /relevan.
b. Mensinergikan
perencanaan materi dengan jenis alat penilaian dalam pembelajaran PAI.
4.
Tujuan perkuliahan :
a. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat merencanakan materi dan perkuliahan
pembelajaran PAI yang relevan.
b. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa dapat mensinergikan perencanaan materi dengan
jenis alat penilaian dalam pembelajaran PAI.
5.
Materi ajar : perencanaan materi dan penilaian pembelajaran
PAI.
6.
Model dan metode perkuliahan : model :
koopertaif dan kreatif
Metode : diskusi, Tanya jawab, penugasan .
7.
Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
· Membuka
perkuliahan dengan salam dan doa.
· Mempersiapakan
kondisi kelas, fisik, dan fiksis belajar mahasiswa
· Melakukan appersepsi
dan memberikan motivasi kuliah
· Menyampaikan
tujuan materi perkuliahan pertemuan 9.
|
30’
|
Kegiatan Inti
|
· Dosen
memberikan prolog tentang perencanaan merencanakan materi dan penilaian
pembelajaran PAI yang relevan.
· Dosen
membimbing diskusi kelompok di kelas.
· Dosen
mempersilahkan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase
malakah.
· Diskusi antara
kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah.
· Dosen
memebrikan beberapa pertanyaan utnuk mengukur ketercapaian tujuan materi
perkuliahan.
· Dosen mereviu
ketapan penyajian makalah yang sudah dipresentasikan pemakalah.
|
100’
|
Kegiatan Penutup
|
· Dosen bersama
mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah di diskusikan .
· Dosen
menugaskan mahasiswa untuk merevsisi makalah untuk diserahkan pada akhir
perkuliahan
· Menutup
perkuliahan dengan doa.
|
8.
Evaluasi : evaluasi di lakukan pada
proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.
Instrument penilaian tulisan :
a. Jelaskan
pengertian perencanaan materi dan alat penilaian dalam pembelajaran PAI!
b. Bagaimana
merencanakan materi dan alat penilaian dalam pembelajaran PAI!
c. Mengapa
perencanaan materi dan alat penilaian dalam pembelajaran PAI harus sinergis/relevan.
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.
Kompetensi :
Menganalisa
perencanaan strategi pembelajaran PAI yang tepat mencakup metode dan
pendekatan.
2.
Sub-kompotensi : menjelaskan perencanaan
strategi pembelajaran PAI yang tepat mencakup metode dan pendekatan.
3.
Indicator :
a. Menjelaskan
strategi perencanaan metode dan pendekatan dalam pembelajaran PAI.
b. Menyebutkan
jenis metode dan pendekatan yang sudah di rencanakan dalam strategi
pembelajaran PAI.
4.
Tujuan perkuliahan :
a. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu merencanakan strategi pembelajaran PAI
yangtepat sesuai sifat materi dan situasi belajar yang dibutuhkananak didik.
b. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa mahasiswa mampu menyebutkan jenis metode
pendekatan yang sudah direncanakan dalam strategi pembelajaran PAI.
5.
Materi ajar : perencanaan strategi pem
belajaran PAI.
6.
Model dan metode perkuliahan : model :
kooperatif dan kreatif
Metode : diskusi, Tanya jawab, penugasan
7.
Langkah-langakah pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
· Membuka
perkuliahan dengan salam dan doa
· Mempersiapkan
kondisi kelas, fisikis belajar mahasiswa .
· Melakukan
appersepsi dan memberikan motivasi kuliah.
· Menyampaikan
tujuan perkuliahan pertemuan 10.
|
30’
|
Kegiatan Inti
|
· Dosen
memberikan prolog tentang perencanaan strategi pembelajaran PAI yang tepat
mencakup metode dan pendekatan.
· Dosen
pembimbing diskusi kelompok di kelas.
· Dosen
mempersilahkan kelompok mahasiswa yang sudah di tugaskan untuk presentase
makalah.
· Diskusi antara
kelompok mahasiswa dari hasil presentase pemakalah.
· Dosen
memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi
perkuliahan.
· Dosen mereviu
ketepan penyajian makalah yang sudah dipresentasikan.
|
100’
|
Kegiatan Penutup
|
· Dosen bersama
mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah didiskusikan.
· Dosen
menugaskan mahasiswa unutk merevisi makalah untuk diserahkan pada akhir
perkuliahan.
· Menutup
perkuliahan dengan doa.
|
20’
|
8.
Evaluasi : evaluasi dilakukan pada
proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay.
9.
Instrument penilaian tulisan :
a. Jelaskan
pengertian perencanaan strategi pembelajaran PAI!
b. Sebutkan
dua unsur penting dalam perencanaan strategi pembelajaran PAI!
c. Mengapa
guru PAI harus memilih metode dan pendekatan yang tepat dalam perencanaan
strategi pembelajaran PAI!
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.
Kompetensi :
Menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
2.
Sub-kompotensi : menjelaskan teknik
penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang benar
3.
Indicator :
a. Mengetahui
teknik penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
b. Memahami
fungsi dan komponen sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
4.
Tujuan perkuliahan :
a. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu mempraktikkan teknik penyusunan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
b. Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu
memaparkan fungsi dan komponen sebuah rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP)
PAI.
5.
Materi ajar : praktik penyusunan rencana
pembelajaran (RPP) PAI
6.
Model dan metode perkuliahan : model :
kooperatif, kreatif, dan praktik
Metode : Tanya jawab : unjuk kerja, penugasan
7.
Langkah-langkah pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
· Membuka
perkuliahan dengan alam dan do’a.
· Mempersiapkan
kondisi kelas, fisik, fisikis belajar mahasiswa.
· Melakukan
appersepsi dan memberikan motivasi kuliah
· Memnyampaiakan
materi perkuliahan pertemuan 11.
|
30’
|
Kegiatan Inti
|
· Dosen
memberikan penjelasan tentang teknik penyusunan rencana pelaksanaan
pembelajaran (RPP) PAI.
· Dosen
membimbing praktik penyusunan RPP PAI di kelas.
· Dosen
mempersilahkan seorang mahasiswa untuk mempresentasikan hasil kerjanya.
· Tanya jawab
antara mahasiswa dari hasil kerja RPPnya.
· Dosen
memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan penyusunan
RPP PAI.
· Dosen merviu ketepan
RPP PAI yang sudah di presentasikan di depan kelas.
|
100’
|
Kegiatan Penutup
|
· Dosen bersama
mahasiswa menarik kesimpulan materi penyusunan RPP PAI.
· Dosen
menugaskan mahasiswa untuk merevisi RPP PAInya untuk di analisa kembali pada
perkuliahan berikutnya
· Menutup
perkuliahan dengan doa.
|
20’
|
8.
Evaluasi : evaluasi dilakukan pada
proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay
9.
Instrument penilaian tulisan :
a. Jelaskan
pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI!
b. Uraikan
teknik pemuyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang benar !
c. Sebutkan
beberapa fungsi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI ?
SATUAN CARA PERKULIAHAN (SAP) SEMESTER GANJIL 2012
JURUSAN TARBIYAH UNIVERSITAS ALKHIRAAT PALU
1.
Kompetensi :
Menganalisa
kelemahan dan kelebihan rencana pemlaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
2.
Sub-kompetensi : jelaskan kelemahan dan
kelebihan pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang sudah di susun.
3.
Indicator :
a. Menemukan
kelemahan dan kelebihan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
b. Memperbaiki
kelemahan yang terdapat dalam rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang
sudah di susun.
4.
Tujuan perkuliahan :
a. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu menemukan kelemahan dan kelebihan rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
b. Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu memperbaiki kelemahan yang terdapat dalam
rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI yang sudah di susun.
5.
Materi ajar : menganalisa rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI.
6.
Model dan motode perkuliahan : model :
kooperatof, kreatif, dan koreltif
Metode : Tanya jawab, penugasan.
7.
Langkah-Langkah Pembelajaran :
Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Kegiatan Awal
|
· Membuka
perkuliahan dengan salam dan doa.
· Mempersiapakan
kondisi kelas, fisik, fisikis belajar mahasiswa.
· Melakukan
appersepsi RPP PAI pertemuan sebelumnya dan memberikan motivasi kuliah.
· Menyampaiakan
tujuan materi perkuliahan pertemuan 12.
|
30’
|
Kegiatan Inti
|
· Dosen
memberikan penjelasan format RPP PAI yang benar.
· Dosen
membimbing mahasiswa menganalisa RPP PAI di kelas.
· Dosen
mempersilahkan mahasiswa menemukan kelemahan rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP) PAInya masing-masing dengan mengacukepada format yang sudah di berikan
dosen.
· Dosen dan
mahasiawa sharing tentang kelemahan RPPnya masing-masing.
· Dosen
memberikan beberapa pertanyaan untuk mengukur ketercapaian tujuan materi
perkuliahan.
· Dosen
menunjukan cara memperbaiki RPP PAI yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku
.
|
100’
|
Kegiatan Penutup
|
· Dosen bersama
mahasiswa menarik kesimpulan materi yang sudah di kaji.
· Dosen
menugaskan mahasiswa untuk memperbaiki RPP PAInya masing-masing untuk di
serahkan pada akhir perkuliahan.
· Menutup
perkuliahan dengan doa.
|
20’
|
8.
Evaluasi : evaluasi di lakukan pada
proses dan akhir perkuliahan dalam bentuk 3 butir test essay.
9. Instrument
penilaian tulisan :
a. Jelaskan
pengertian menganalisa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI !
b. Bagaimana
cara menemukan kelemahan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) PAI ?
c. Mengapa
RPP PAI perlu di analisa dan di perbaiki sebelum di pergunakan sebagai pedoman
pembelajaran di kelas ?
KATA PENGANTAR
Puji syukur kita
panjatkan atas kehadit Allah SWT yang telah memberikan kita nikmat kesehatan
dan kesempatan sehingga Satuan Cara Perkuliahan(Sap) Semester ganjil 2012 Universitas
Alkhiraat Palu Jurusan Tarbiyah bisa terselesaikan.
Salawat
beserta salam tak lupa pula kita curahkan kepada Nabiullah Muhammad SAW, beserta sahabat dan para keluarganya,yang
telah membawa umat islam dari zaman kegelapan kealam yang terang menderang,
yang mana telah kita rasakan saat ini.
Penulis
menyadari sepenuhnya dalam penyusunan Proposal ini, Masih terdapat banyak
kekurangan. Baik dari segi penulisan, maupun materi yang telah dilampirkan
dalam Satuan Cara Perkuliahan(Sap) Semester Ganjil 2012 Universitas Alkhiraat
Palu Jurusan Tarbiyah, hal ini dikarnakan, keterbatasan penguasaan pengetahuan
serta daya jangkauan analisis ilmiah dari penulis adalah mencerminkan
kesederhanaan Penulisan proposal ini. Maka dari itu, penulis mengharapkan
kritikan dan saran yang sifatnya membangun dalam penyusunan proposal
berikutnya.
Palu, 14
Desember 2012
Penyusun,