Ad Code

Responsive Advertisement

Ancaman Manusia Terhadap Keanekaragaman Hayati Dan Upaya Perlindungannya

ANCAMAN MANUSIA TERHADAP KEANEKARAGAMAN HAYATI
DAN UPAYA PERLINDUNGANNYA

Pengertian Keanekaragaman Hayati

     Keanekaragaman Hayati adalah keseluruhan variasi berupa bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat yang dapat ditemukan pada makhluk hidup.
     Setiap saat kita dapat menyaksikan berbagai macam makhluk hidup yang ada di sekitar kita baik di daratan maupun di perairan. Misalnya, dihalaman rumah, kebun, sawah, atau di hutan. Di tempat itu dapat kita jumpai bermacam-macam makhluk hidup mulai dari makhluk yang berukuran kecil seperti semut hingga makhluk berukuran besar seperti burung, ular, atau gajah. Mulai dari yang berwarna gelap hingga makhluk yang berwarna cerah dan menarik.
     Begitu juga dengan tumbuhan, kita dapat mengamati tumbuhan didaratan atau di lautan dengan jenis, ukuran, warna dan bentuk yang beragam. Di daratan misalnya dapat kita jumpai rumput, pohon, jambu, durian, salak, apel, dan sebaainya. Di perairan terdapat rumput laut dan jenis tumbuhan lain yang dapat hidup di laut.
     Setiap makhluk hidup memiliki ciri dan tempat hidup yang berbda. Melalui pengamatan, kita dapat membedakan jenis-jenis makhluk hidup. Pembedaan makhluk hidup tanpa dibuat berdasarkan bentuk, ukuran, warna, tempat hidup, tingkah laku, cara berkembang biak, dan jenis makanan.
Perbedaan atau keanekaragaman hayati dapat disebabkan oleh faktor abiotik maupun oleh faktor biotik. Perbedaan keadaan udara, cuaca, tanah, kandungan air, dan intensitas cahaya matahari menyebabkan adanya perbedaan hewan dan tumbuhan yang hidup. Hal tersebut mengakibatkan adanya keanekaragaman hayati.
     Pada umumnya pola distribusi penyebaran tumbuhan dan hewan dikendalikan oleh faktor abiotik seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Perubahan pada faktor abiotik dapat menyebabkan organisme berkembang dan melakukan spesialisasi.

Ancaman Keanekaragaman Hayati
     Jared Diamond menggambarkan "Kuartet Jahat" dari perusakan habitat, berlebihan, spesies diperkenalkan, dan kepunahan sekunder. Edward O. Wilson lebih memilih akronim Hippo, berdiri untuk perusakan habitat, spesies invasif, polusi, populasi manusia lebih, dan lebih-panen. Klasifikasi yang paling otoritatif yang digunakan saat ini adalah IUCN Klasifikasi Ancaman langsung  yang telah diadopsi oleh organisasi-organisasi konservasi internasional seperti Nature Conservancy AS, World Wildlife Fund, Conservation International, dan Birdlife International.


Perusakan habitat
     Deforestasi dan meningkatkan pembangunan jalan di Amazon Rainforest menjadi keprihatinan yang signifikan karena perambahan manusia meningkat pada daerah liar, peningkatan ekstraksi sumberdaya dan ancaman lebih lanjut untuk keanekaragaman hayati.
Kerusakan habitat telah memainkan peran penting dalam kepunahan, terutama terkait dengan kerusakan hutan tropis. [82] Faktor yang berkontribusi terhadap hilangnya habitat adalah: kelebihan penduduk, penggundulan hutan, . pencemaran (polusi udara, polusi air, pencemaran tanah) dan pemanasan global atau perubahan iklim.
     Habitat ukuran dan jumlah spesies secara sistematis terkait. Spesies secara fisik lebih besar dan mereka yang tinggal di lintang rendah atau di hutan atau lautan lebih sensitif terhadap pengurangan di daerah habitat. Konversi ke "sepele" ekosistem standar (misalnya, monokultur berikut deforestasi) secara efektif menghancurkan habitat spesies yang lebih beragam yang mendahului konversi. Di beberapa negara tidak memiliki hak milik atau hukum longgar / penegakan peraturan selalu menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati (biaya degradasi harus didukung oleh masyarakat).
Sebuah studi 2007 yang dilakukan oleh National Science Foundation menemukan bahwa keanekaragaman hayati dan keanekaragaman genetik kodependen-bahwa keragaman di antara spesies membutuhkan keanekaragaman dalam satu spesies, dan sebaliknya. "Jika salah satu jenis dihapus dari sistem, siklus dapat mengurai, dan masyarakat menjadi didominasi oleh satu spesies." Saat ini, sebagian besar ekosistem yang terancam ditemukan di air tawar, menurut Millennium Ecosystem, Penilaian 2005 yang dikonfirmasikan oleh "Penilaian Air Tawar Hewan Ika", yang diselenggarakan oleh platform keanekaragaman hayati, dan Institut Prancis de pour le Développement halus (MNHNP ).
Co-kepunahan adalah bentuk kerusakan habitat. Co-kepunahan terjadi ketika kepunahan atau penurunan satu menyertai lainnya, seperti pada tanaman dan serangga.

Diperkenalkan dan invasif spesies
Pria Lophura nycthemera (Silver Pheasant), yang berasal dari Asia Timur yang telah diperkenalkan ke bagian Eropa karena alasan hias
Hambatan seperti sungai besar, laut s, lautan, gunung dan gurun mendorong keragaman dengan memungkinkan evolusi independen di kedua sisi penghalang. Spesies invasif terjadi ketika hambatan yang kabur. Tanpa hambatan spesies tersebut menempati relung baru, secara substansial mengurangi keanekaragaman. Berulang kali manusia telah membantu spesies menghindari hambatan-hambatan ini, memperkenalkan mereka untuk makanan dan keperluan lainnya. Hal ini terjadi pada skala waktu yang jauh lebih pendek dari ribuan tahun yang secara historis telah diperlukan untuk suatu spesies untuk memperpanjang jangkauan.
Tidak semua spesies dikenali adalah invasif, dan tidak semua spesies invasif sengaja diperkenalkan. Dalam kasus seperti kerang zebra, invasi AS saluran air itu tidak disengaja. Dalam kasus lain, seperti luwak di Hawaii, pendahuluan disengaja tetapi tidak efektif (tikus malam s tidak rentan terhadap luwak diurnal). Dalam kasus lain, seperti minyak sawit di Indonesia dan Malaysia, pendahuluan menghasilkan manfaat ekonomi yang besar, tetapi imbalan tersebut disertai dengan konsekuensi yang tidak diinginkan mahal.
Akhirnya, sebuah spesies dikenali tidak sengaja dapat melukai spesies yang tergantung pada spesies yang digantikannya. Di Belgia, spinosa Prunus dari Eropa Timur daun lebih cepat daripada rekan-rekan Baratnya Eropa, mengganggu kebiasaan makan Tekla betulae kupu-kupu (yang feed pada daun). Memperkenalkan spesies baru sering membuat spesies endemik lokal dan lainnya kalah bersaing dengan spesies eksotis dan tidak mampu bertahan hidup. Organisme eksotis mungkin predator s, parasit s, atau mungkin hanya outcompete spesies asli untuk nutrisi, air dan cahaya.
Saat ini, beberapa negara telah mengimpor begitu banyak spesies eksotik, terutama pertanian dan tanaman hias, bahwa fauna mereka sendiri adat / flora yang mungkin kalah jumlah.

Genetik polusi
Spesies endemik dapat terancam punah ]melalui proses pencemaran genetik, yaitu hibridisasi yang tidak terkontrol, introgresi dan genetik swamping. Polusi genetik menyebabkan homogenisasi atau penggantian genom lokal sebagai akibat dari baik numerik keuntungan dan / atau kesesuaian dari suatu spesies dikenali.  Hibridisasi dan introgresi adalah efek samping dari pengenalan dan invasi. Fenomena ini dapat sangat merugikan spesies langka yang bersentuhan dengan yang lebih berlimpah. Spesies yang berlimpah dapat kawin silang dengan spesies langka, membanjiri kolam gen. Masalah ini tidak selalu jelas dari morfologi (penampilan luar) pengamatan saja. Beberapa tingkat aliran gen adalah adaptasi normal, dan tidak semua konstelasi gen dan genotipe dapat dilestarikan. Namun, hibridisasi dengan atau tanpa introgresi mungkin, namun, mengancam keberadaan spesies langka '.

Eksploitasi berlebihan
Eksploitasi berlebihan terjadi ketika sumber daya yang dikonsumsi pada tingkat yang tidak berkelanjutan. Hal ini terjadi di darat dalam bentuk overhunting, penebangan berlebihan, konservasi tanah yang buruk di bidang pertanian dan perdagangan satwa liar ilegal. Joe Walston, direktur program Asia Wildlife Conservation Society, yang disebut terakhir ini "ancaman terbesar" bagi keanekaragaman hayati di Asia. Hasil penelitian Dr. Anton Muhibuddin, seorang peneliti keragaman hayati jamur dari Universitas Brawijaya, Malang-Indonesia menunjukkan bahwa eksploitasi berlebihan pada tanah pertanian mengakibatkan menurunnya keragaman jamur filoplane/ jamur yang diperoleh dari permukaan daun tanaman kangkung sebagai berikut: 1.Jamur filoplan yang didapat di lahan organik dan konvensional yaitu Acremonium sp., Aspergillus sp, Botrytis sp., Cephalosporium sp., Cladosporium sp., Colletotrichum sp., Curvularia sp., Fusarium sp., Geotrichum sp., Mucor sp., Mycothypa sp., Nigrospora sp., Penicillium sp., Pestalotia sp., Syncephalastrum sp., Trichoderma sp. dan beberapa jamur yang tidak teridentifikasi. 2. Terdapat jamur yang hanya terdapat pada pertanian organik yakni Botrytis sp., Mycothypa sp. dan Nigrospora sp.. Jamur yang hanya ada pada pertanian konvensional yakni Fusarium sp. dan Trichoderma sp. 3. Indeks keanekaragaman lahan organik (1,06920) dan konvensional (1,00075) termasuk dalam kategori keanekaragaman sedang dengan penyebaran sedang di alam. Indeks Keseragamannya tinggi yakni pada lahan organik 0,90911 dan konvensional 0,89838 artinya persebaran jamur dengan jenis sama tersebar pada permukaan daun. 4. Indeks Dominasi pada lahan organik lebih rendah daripada lahan konvensional yaitu 0,1032 dan 0,1275, semakin rendah indeks dominasi maka semakin rendah dominasi jamur filoplan terhadap jamur filoplan yang lain. Jamur filoplan yang mendominasi adalah dari genus Penicillium sp. dan Aspergillus sp. yang berperan sebagai dekomposer dan pengurai fosfat dalam tanah. Perdagangan internasional satwa langka adalah yang kedua dalam ukuran hanya untuk perdagangan narkoba.
Sekitar 25% dari perikanan dunia sekarang overfished ke titik di mana biomassa mereka saat ini kurang dari tingkat yang memaksimalkan kelestarian hasil mereka.
Hipotesis berlebihan menjelaskan mengapa sebelumnya megafauna kepunahan l terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Hal ini dapat dihubungkan dengan migrasi manusia.
Hibridisasi, genetik polusi / erosi dan keamanan pangan
Gandum Yecoro (kanan) kultivar peka terhadap salinitas, tanaman yang dihasilkan dari persilangan hibrida dengan kultivar W4910 (kiri) menunjukkan toleransi yang lebih besar terhadap salinitas tinggi
Dalam pertanian dan peternakan, Revolusi Hijau mempopulerkan penggunaan isasi hibrida konvensional untuk meningkatkan hasil. Seringkali breeds hibridisasi berasal di negara maju dan selanjutnya hibridisasi dengan varietas lokal di negara berkembang untuk menciptakan strain hasil tinggi tahan terhadap iklim setempat dan penyakit. Pemerintah daerah dan industri telah mendorong hibridisasi. Dahulu kolam gen besar keturunan liar dan berbagai adat telah runtuh menyebabkan erosi genetik luas dan polusi genetik. Hal ini mengakibatkan hilangnya keanekaragaman genetik dan keanekaragaman hayati secara keseluruhan.
(GM organisme) memiliki materi genetik diubah oleh prosedur rekayasa genetik seperti teknologi DNA rekombinan. Tanaman GM telah menjadi sumber umum untuk polusi genetika, tidak hanya dari varietas liar tetapi juga dari varietas peliharaan berasal dari hibridisasi klasik.
Erosi genetik ditambah dengan polusi genetik dapat menghancurkan genotipe unik, sehingga menciptakan krisis tersembunyi yang bisa mengakibatkan ancaman berat terhadap ketahanan pangan manusia. Materi genetik yang beragam bisa tidak ada lagi yang akan mempengaruhi kemampuan manusia untuk lebih menghibridisasi tanaman pangan dan ternak terhadap penyakit dan perubahan iklim.
Perubahan iklim
Beruang kutub di es laut dari Samudra Arktik, dekat Kutub Utara. Perubahan iklim telah mulai mempengaruhi populasi beruang.
Pemanasan global juga dianggap menjadi ancaman besar bagi keanekaragaman hayati global. Misalnya terumbu karang-yang-hotspot keanekaragaman hayati akan hilang dalam 20 sampai 40 tahun jika pemanasan global berlanjut pada tren saat ini.
Pada tahun 2004, sebuah studi kolaboratif internasional di empat benua diperkirakan bahwa 10 persen spesies akan punah pada tahun 2050 karena pemanasan global. "Kita harus membatasi perubahan iklim atau kita angin dengan banyak spesies dalam kesulitan, mungkin punah," kata Dr Lee Hana, seorang penulis dari kertas dan biologi perubahan iklim kepala di Pusat Ilmu Keanekaragaman Hayati Terapan di Konservasi Internasional.
Manusia overpopulasi
Dari 1950 hingga 2011, populasi dunia meningkat 2500000000-7000000000 dan diperkirakan akan mencapai dataran tinggi lebih dari 9 miliar selama abad 21. Sir David King, penasihat ilmiah mantan kepala ke pemerintah Inggris, mengatakan dalam penyelidikan parlemen: "Ini adalah jelas bahwa pertumbuhan besar dalam populasi manusia melalui abad ke-20 telah memiliki dampak yang lebih pada keanekaragaman hayati dari faktor apa pun lainnya."
Kepunahan Holocene
Tingkat penurunan keanekaragaman hayati dalam kepunahan massal keenam sesuai atau melebihi tingkat kerugian pada lima peristiwa kepunahan massal sebelumnya dalam catatan fosil. Kehilangan hasil keanekaragaman hayati hilangnya modal alami yang memasok barang dan jasa ekosistem. Nilai ekonomi dari 17 jasa ekosistem bagi biosfer bumi (dihitung pada 1997) memiliki nilai perkiraan US $ 33 triliun (3.3x10 13) per tahun.
Etika konservasi pendukung pengelolaan s sumber daya alam untuk tujuan mempertahankan keanekaragaman hayati dalam spesies, ekosistem, proses evolusi, dan budaya manusia dan masyarakat.
Biologi konservasi reformasi sekitar rencana strategis untuk melindungi keanekaragaman hayati. Melestarikan keanekaragaman hayati global merupakan prioritas dalam rencana konservasi strategis yang dirancang untuk melakukan kebijakan publik dan keprihatinan mempengaruhi skala lokal, regional dan global masyarakat, ekosistem, dan budaya. Rencana aksi mengidentifikasi cara mempertahankan kesejahteraan manusia, menggunakan modal alam, pasar modal, dan jasa ekosistem.
Perlindungan Keanekaragaman Hayati
Penghapusan spesies eksotis akan memungkinkan spesies yang mereka telah mengalami dampak negatif untuk memulihkan niche ekologi mereka. Spesies eksotis yang telah menjadi hama dapat diidentifikasi taksonomi (misalnya dengan Sistem Identifikasi Otomatis Digital (DAISY), dengan menggunakan barcode hidup. Penghapusan praktis hanya diberikan kelompok besar individu karena biaya ekonomi.
Sebagai populasi berkelanjutan dari spesies asli yang tersisa di suatu daerah menjadi terjamin, "hilang" spesies yang adalah kandidat untuk reintroduksi dapat diidentifikasi dengan menggunakan database seperti Encyclopedia of Life dan Fasilitas Keanekaragaman Hayati Informasi Global.
•    Keanekaragaman Hayati perbankan menempatkan nilai moneter terhadap keanekaragaman hayati. Salah satu contoh adalah Kerangka Kerja Manajemen vegetasi asli Australia.
•    Gene bank milik adalah koleksi spesimen dan bahan genetik. Beberapa bank bermaksud untuk memperkenalkan kembali spesies miring terhadap ekosistem (misalnya melalui pembibitan pohon).
•    Pengurangan dan lebih baik menargetkan pestisida memungkinkan lebih banyak spesies untuk bertahan hidup di daerah pertanian dan urban.
•    Lokasi-pendekatan spesifik mungkin kurang berguna untuk melindungi spesies bermigrasi. Satu pendekatan adalah untuk menciptakan koridor satwa liar s yang sesuai dengan gerakan binatang '. Batas-batas nasional dan lainnya dapat mempersulit pembuatan koridor.
Alokasi sumber daya
Fokus pada area terbatas keanekaragaman hayati potensial yang lebih tinggi menjanjikan segera kembali lebih besar atas investasi dari penyebaran sumber daya secara merata atau dengan fokus pada bidang keanekaragaman sedikit tetapi kepentingan yang lebih besar dalam keanekaragaman hayati.
Strategi kedua berfokus pada daerah yang mempertahankan sebagian besar keragaman asli mereka, yang biasanya membutuhkan restorasi sedikit atau tidak ada. Ini biasanya non-urban, non-pertanian daerah. Daerah tropis sering cocok kedua kriteria, mengingat keanekaragaman mereka native tinggi dan relatif kurangnya pembangunan.
Status hukum
Banyak pekerjaan yang terjadi untuk melestarikan karakteristik alami Hopetoun Falls, Australia sambil terus memungkinkan akses pengunjung.
Internasional
•    Konvensi PBB tentang Keanekaragaman Hayati (1992) dan Protokol Cartagena tentang Keamanan Hayati;
•    Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Langka (CITES);
•    Konvensi Ramsar (Wetlands);
•    Bonn Konvensi Spesies Bermigrasi;
•    World Heritage Convention (secara tidak langsung dengan melindungi habitat keanekaragaman hayati)
•    Konvensi Regional seperti Konvensi Apia
•    Bilateral perjanjian seperti Perjanjian Burung Jepang-Australia bermigrasi.
Kesepakatan global seperti Konvensi Keanekaragaman Hayati, memberikan "hak nasional berdaulat atas sumber daya hayati" (bukan properti). Perjanjian berkomitmen negara untuk "melestarikan keanekaragaman hayati", "mengembangkan sumber daya untuk keberlanjutan" dan "berbagi keuntungan" yang dihasilkan dari penggunaannya. Negara dengan keanekaragaman hayati yang memungkinkan bioprospecting atau kumpulan produk alami, mengharapkan bagian dari manfaat daripada membiarkan individu atau lembaga yang menemukan / memanfaatkan sumber daya untuk menangkap mereka secara pribadi. Bioprospecting dapat menjadi jenis biopiracy ketika prinsip-prinsip tersebut tidak dihormati.
Prinsip Kedaulatan dapat mengandalkan pada apa yang lebih dikenal sebagai Akses dan Pembagian Manfaat Perjanjian (ABAS). Konvensi Keanekaragaman Hayati menyiratkan persetujuan antara negara sumber dan kolektor, untuk membangun sumber daya yang akan digunakan dan untuk apa, dan untuk menyelesaikan perjanjian wajar pada pembagian keuntungan.

Nasional tingkat hukum
Keanekaragaman hayati diperhitungkan dalam beberapa keputusan politik dan hukum:
•    Hubungan antara hukum dan ekosistem yang sangat kuno dan memiliki konsekuensi bagi keanekaragaman hayati. Hal ini terkait dengan hak milik pribadi dan publik. Hal ini dapat menentukan perlindungan bagi ekosistem yang terancam, tetapi juga beberapa hak dan kewajiban (misalnya, memancing dan hak berburu).
•    Undang-Undang tentang spesies lebih baru. Ini mendefinisikan spesies yang harus dilindungi karena mereka mungkin terancam punah. AS Endangered Species Act adalah contoh dari upaya untuk mengatasi "hukum dan spesies" masalah.
•    Hukum mengenai kolam gen hanya sekitar seabad lamanya. Domestikasi dan metode pemuliaan tanaman bukanlah hal baru, namun kemajuan dalam rekayasa genetik telah menyebabkan undang-undang ketat meliputi distribusi organisme rekayasa genetika, gen paten dan paten proses. Pemerintah berjuang untuk memutuskan apakah akan fokus pada misalnya, gen, genom, atau organisme dan spesies.
Seragam persetujuan untuk penggunaan keanekaragaman hayati sebagai standar hukum belum tercapai, namun. Bosselman berpendapat bahwa keanekaragaman hayati tidak boleh digunakan sebagai standar hukum, mengklaim bahwa daerah sisa ketidakpastian ilmiah menyebabkan limbah administratif tidak dapat diterima dan litigasi meningkat tanpa mempromosikan tujuan pelestarian.

Analytical batas
Taksonomi dan ukuran hubungan
Kurang dari 1% dari semua spesies yang telah dijelaskan telah diteliti lebih dari sekedar mencatat keberadaan mereka. Sebagian besar spesies bumi adalah mikroba. Kontemporer keanekaragaman hayati fisika "tegas terpaku pada dunia terlihat [makroskopik]". Sebagai contoh, kehidupan mikroba secara metabolik dan lingkungan lebih beragam dari kehidupan multisel (lihat misalnya, extremophile). "Di pohon kehidupan, didasarkan pada analisis kecil-subunit RNA ribosom, hidup terlihat terdiri dari ranting hampir tak terlihat. Hubungan terbalik dari ukuran dan populasi berulang lebih tinggi pada tangga evolusi "ke pendekatan pertama, semua spesies multisel di Bumi adalah serangga".  Tingkat kepunahan Serangga yang tinggi mendukung hipotesis kepunahan Holocene.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu