BAB I 
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bermain adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yangditimbulkannya, tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Bermain dilakukan secara suka reladan tidak ada paksaan atau tekanan dari luar atau kewajiban. Masa usia anak-anak biasa disebut dengan masa bermain, karena dengan bermain anak bisa mengembangkan semua potensi di dalam dirinya, moral, sosial, emosi, ekspresi, dan sebagainya. Salah satu fungsi bermain adalah anak bisa menyalurkan energinya serta menimbulkan kesenangan bagi anak. Bermain tidak hanya berfungsi menyalurkan energi dan menimbulkan kesenangan bagi anak, akan tetapi bermainpun dapat dijadikan sumber belajar bagi anak. Secara tidak langsung dan tidak disadari oleh anak, ketika memainkan sebuah permainan sebenarnya anak sudah mendapatkan pembelajaran dari jenis permainan yang dimainkannya. Setiap jenis permainan hampir semuanya mengandung unsur pembelajaran, termasuk dalam permainan kartu. Banyak yang beranggapan bahwa permainan kartu identik dengan judi atau permainan pengisi waktu luang yang tidak membawa manfaat, terutama bagi anak-anak. Namun ternyata di dalam permainan kartu pun mengandung manfaat bagi anak. Untuk itu, dalam makalah ini penulis akan membahas hasil analisis dari video anak bermain kartu.
B. Rumusan masalah
1. Apa saja aspek perkembangan anak berdasarkan Teori (6-12th)?
2. Bagaimana bentuk permainan kartu (aturan permainan, tahapan, perlengkapan)?
3. Apa kesesuaian permainan dengan aspek perkembangan?
4. Bagaimana permainan kartu bisa menjadi sumber belajar?
C. TujuanPenulisan
1. Dapat menganalisis aspek perkembangan anak berdasarkan Teori (6-12th) 2. Dapat mengetahui bentuk permainan kartu (aturan permainan, tahapan, perlengkapan) 3. Dapat mengetahui kesesuaian permainan dengan aspek perkembangan 4. Dapat mengetahui permainan kartu sebagai sumber belajar.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Analisis Aspek Perkembangan Anak Berdasarkan Teori Berikut ini adalah biodata subyek anak bermain yang akan dianalisis aspek perkembangannya berdasarkan teori: No 1 2 3 4 Nama Dian Manda Ibnu Sa’diyah Jenis Kelamin Perempuan Perempuan Laki-Laki Perempuan Usia 8 Tahun 8 Tahun 8 Tahun 9 6Tahun
1. Profil umum Perkembangan
 Menurut Hurlock :
1) Masa berkelompok
2) Proses penyesuaian diri dengan standar yang disetujui kelompoknya
3) Usia kreatif 4) Usia bermain karena luasnya minat anak
 Menurut Santrock:
1) Perubahan fisik (tubuh) pada anak.
2) Kemampuan menganalisis kata
3) Memiliki kreativitas
4) Menjalin relasi dengan teman sebayanya.
a. Usia 6 Tahun
1) Pertumbuhan fisik
 Tinggi badan anak laki-laki ± 110-117,5 cm; anak perempuan ± 105115.Berat badan anak laki-laki ±17,3-21,4Kg; anak perempuan ±19,122,3Kg.
 Kecepatan denyut nadi 80denyut/menit; kecepatan bernafas 18-28 helanafas/ menit
 Tanggalnya gigi susu, mulai keluarnya gigi permanen.
 Membutuhkan ± 1600-1700 kalori/ hari 3
2) Perkembangan motorik
 Kekuatan massa ototnya bertambah
 Pengendalian keterampilan motorik halus dan kasarnya semakin baik
 Menyukai kegiatan fisik yang membutuhkan banyak energi
 Aktif dan cenderung susah diam
 Ketangkasan dan koordinasi mata-tangannya meningkat seiring fungsi motoriknya
 Suka membuat suatu karya seni
 Belajar menulis angka dan huruf dengan tepat
 Menggambar dan menjiplak, melipat dan menggunting
 Belajar mengikat tali sepatu sendiri
3) Perkembangan Kognitif
 Memahami konsep waktu sederhana
 Belajar mengklasifikasikan sesuatu
 Menyukai tantangan puzzle (teka-teki sederhana)
 Masih terbatasnya pengetahuan tentang hal spiritual
 Masih mempercayai hal berupa fantasi
 Bertambahnya rentang waktu berkonsentrasi
 Mempelajari 5-10 kata baru, memiliki kosakata 10.000-14.000kata
 Berbicara tanpa henti (mengoceh)
 Mengungkapkan keinginannya melalui bahasa disertai agresi fisik
 Senang menceritakan hal-hal lucu
 Menirukan ucapan-ucapan populer
 Senang dibacakan cerita
 Mulai mempelajari lebih dari satu bahasa
4) Personal - Sosial
 Mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba
 Menjadi lebih Tidak mudah tergantung pada orang tuanya
 Membutuhkan dan mencari persetujuan, pujian dari orang dewasa
 Egois masih tinggi
 Mudah kecewa dan frustasi
 Antusias dan ingin tahu tentang sekitar
 Mudah kecewa dan frustasi oleh sesuatu yang dianggap kegagalan. 4
b. Usia 8 tahun
1) Pertumbuhan fisik
 Tinggi anak laki-laki ±120-130cm; anak perempuan ±115-122,5Cm
 Berat badan naik ±2,3-3,2Kg/Thn (± 25-27kg)
 Jarang sakit seiring berkembangnya daya tahan tubuh
 Beberapa anak perempuan mulai ada perubahan pada sekitar payudara dan munculnya bulu halus disekitar kemaluan.
2) Perkembangan Motorik
 Mencari kegiatan bermain yang bersifat tim
 Menyukai kegiatan yang menghabiskan banyak energi
 Keseimbangan, ketangkasan, kecepatan meningkat
 Menyalin kata dan angka dari papan tulis dengan cepat dan tepat
3) Perkembangan Kognitif
 Memahami adanya perbedaan pendapat
 Menerima tantangan dan tanggung jawab dengan antusias
 Memahami perspektif (bayangan, jarak, bentuk)
 Memahami kejadian sehari-hari dengan logika yang lebih sistematis
 Menambah dan mengurangi angka beberapa digit; perkalian dan pembagian
4) Perkembangan bahasa
 Menggunakan bahasa untuk mengkritik dan memuji orang lain; mengumpat, meniru ucapan populer
 Memahami dan mengikuti aturan kata dalam percakapan dan bentuk tertulis
 Mampu berbicara masa tentang masa lampau atau masa depan
 Mendiskripsikan sesuatu imajinatif dan mendetail
5) Personal - Sosial
 Mulai membentuk pendapat mengenai nilai dan sikap moral
 Mulai berkurangnya dalam mengkritik diri sendiri
 Mengerti dan menghargai akan kemampuan dan kelebihan anak lain
 Masih mencari perhatian dan pengakuan terhadap orang dewasa
 Suka berargumentasi dengan teman atau orang dewasa. 5
B. Bentuk Permainan Kartu Sebelum membahas bentuk permainan kartu, terlebih dahulu akan dibahas tentang hakekat bermain.
1. Hakekat Bermain
a. Definisi Bermain Menurut Hurlock,
Bermain adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkannya, tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Bermain dilakukan secara sukarela dan dan tidak ada paksaan atau tekanan dari luar atau kewajiban. Drijarkaramenyatakan bahwa dalam bermain bukan hanya merupakan aktivitas jasmani saja tetapi juga menyangkut fantasi, logika, dan bahasa. Sehingga dalam bermain dibutuhkan keterpaduan antara fisik dalam hal ini aktivitas jasmani dan psikis yaitu logika, persepsi, asumsi, emosi, keberanian, kecerdasan dan lain-lain.
b. Ciri-ciri Bermain o Dilakukan atas pilihan sendiri, motivasi intrinsik o Anak yang bermain mengalami emosi-emosi positif o Fleksibilitas o Tidak ada tekanan & tidak ada target yang harus dicapai o Bebas memilih o Menekankan pada proses daripada hasil o Mempunyai kualitas pura-pura o melibatkan peran aktif anak, baik secara fisik maupun psikologis
2. Aturan,
Tahapan Permainan Kartu, dan Perlengkapan Permainan Kartu Kartu permainan (bahasa Inggris: playing cards), atau lebih dikenal dengan kartu remi, adalah sekumpulan kartu seukuran tangan yang digunakan untuk permainan kartu. Kartu ini sering juga digunakan untuk hal-hal lain, seperti sulap, enkripsi, permainan papan, dan pembuatan rumah kartu. Kata “remi” itu sendiri sebenarnya adalah nama salah satu permainan kartu.Ada 1001 macam permainan kartu. Setiapnegara, bahkanwilayahsuatunegara, memilikijenispermainannyasendiri. Di Indonesia, akrabdenganistilahpermainan“41”, “remi”, “cangkulan”, dsb. Namun, 6 yang populer di banyaknegaramisalnyapoker, canasta, blackjack, casino, solitaire, bridge, denganjumlahpemain yang bisaberbeda-beda. Kartu permainan yang dimainkan dalam video menganai anak bermain adalah jenis cangkulan. Namun jenis kartu yang digunakan bukan kartu remi, melainkan kartukartu bergambar yang biasanya di bagian atas terdapat nomor urutan kartu tersebut. o Aturan dan Tahapan Permainan Kartu Cangkulan :
1. Kartu masing-masing orang bisa 3 sampai 7 kartu, disesuaikan dengan jumlah peserta permainan. Permainan berjalan sesuai jarum jam.
2. Kartu dikocok
3. Ronde pertama, buka satu kartu dari tumpukan.
4. Tiap peserta harus mencocokkan gambar/jenis nya. Pemenang sebuah ronde adalah yang angkanya paling tinggi.
5. Apabila ada peserta yang tidak punya warna/jenis yang sama dengan yang dibuka, harus mengambil dari tumpukan kartu.
6. a. Variasi #1, mengambil dari tumpukan sampai menemukan yang sama, dan langsung mengikuti permainan.
b. Variasi #2, mengambil satu saja, dan kehilangan giliran permainan. Apabila saat ingin mengambil tumpukan tapi tumpukan sudah habis, kartu yang terbuka diambil semua. Pemain yang seharusnya mendapat giliran jalan menjadi kehilangan giliran.
7. Permainan diteruskan sampai kartu ditangan habis.
a. Variasi #1, permainan selesai setelah ada yang menang (terutama apabila jumlah peserta hanya sedikit)
b. Variasi #2, permainan selesai setelah ada yang kalah.
C. Kesesuaian Permainan Dengan Aspek Perkembangan Berdasarkan Teori Jumlah pemain dalam permainan kartu yang divideokan ini terdiri dari empat orang anak, yaitu 3 orang anak perempuan dan 1 orang anak laki-laki. Usia anak-anak tersebut 3 orang berusia 8 tahun, dan 1 orang berusia 6 tahun. - Kesesuaian permainan pada anak yang berusia 8 tahun:
 Pada saat kegiatan mengocok kartu bagian ini Aspek perkembangan motorik dalam Keseimbangan, ketangkasan, kecepatan tangansudah terlatih dan meningkatsesuai dengan aspek perkembangan di usianya. 7
 Pada aspek perkembangan sosial, anak dapat membentuk pendapat mengenai nilai dan sikap, menerima kekalahan, menghargai akan kemampuan dan kelebihan dan juga mengerti kekurangan temannya, anak juga berargumentasi dengan temannya.
 Pada Aspek Perkembangan bahasa Menggunakan bahasa untuk mengkritik dan memuji temannya, dapat memahami dan mengikuti aturan permainan. - Kesesuaian permainan pada anak yang berusia 6 tahun:
 Pada aspek perkembangan motorik, pemain yang berusia 6 tahun lebih aktif dan cenderung susah diam dari posisi duduknya, ketangkasan dan koordinasi mata-tangannya meningkat terlihat pada saat si anak sigap ketika kartu dibagikan.
 Dengan mencocokkan kartu, anak sudah mulai belajar mengklasifikasikan sesuatu dan belajar berkonsentrasi.
 Ketika merasakan bosan, anak berbicara tanpa henti (mengoceh), mengungkapkan keinginannya melalui bahasa disertai agresi fisik.
 Karena sifat egois yang masih tinggi, anak mudah kecewa ketika kalah.
 Mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba sehingga anak meninggalkan permainnya, Egois masih tinggi.
D. Permainan Kartu sebagai Sumber Belajar Permainan kartu ini dapat dijadikan sumber belajar bagi anak yang memainkannya. Berikut ini manfaat yang dapat diambil dan dijadikan sumber belajar dalam bermain kartu: - Melatih Membedakan Bentuk Gambar Dalam permainan ini, anak diarahkan untuk membedakan bentuk-bentuk gambar yang terdapat di balik kartu. Hal ini sangat membantu melatih anak berpikir dan melatih daya ingat anak. - Melatih Membedakan Angka Untuk anak yang sudah bisa mengenal angka, hal ini sangat membantu. Dalam permainan ajarkan saja angka-angka dalam kartu dan tunjukan apakah nilainya lebih besar atau kecil. Hal ini sangat membantu anak untuk mengetahui urutan angka, termasuk membedakan mana yang lebih besar atau kecil. Usahakan jika 8
Anak harus membagi kartu, cobalah si Anak mengucapkan urutan angka 1 sampai 9ketika membagikan atau mengucapkan angka jika mau menjatukan kartu. - MelatihLogikaAnak Kemampuan logika anak, menurut saya sangat berperan penting dalam kecerdasan anak dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam permainan cangkulan/kartu, anak bisa berstrategi bagaimana cara membuat lawan terus-terusan mengambil kartu baru. Anak bisa mengingat kartu apa yang lawan tidak miliki. Saya sempat kaget, karena anak saya dengan cepat tau strategi ini, dan saya pun bisa dikalahkan dengan mudah. - Melatih Mental Anak Melatih mental disini adalah dengan bermain kartu dapat mengajarkan anak untuk bisa menerima kekalahan dan tidak bosan jika terpaksa dia harus terus-terusan mengambil kartu baru. Setiap anak mempunyai suasana hati yangberbeda-beda terutama anak mempunyai sifat ingin menang.Hal ini akan membantu membentuk mental anak untuk bisa motivasi diri untuk tetap bertahan. Jangan sampai menjatuhkan atau merendahkan anak jika kalah.
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Sumber belajar tidak hanya berasal dari guru atau buku saja, belajar pun bisa bersumber dari permainan. Karena pada anak usia 6-12 tahun merupakan masamasa bermain. Permainan kartu merupakan salah satu permainan yang bisa dijadikan sumber belajar, karena bermain kartu memiliki beberapa manfaat bagi perkembangan anak, baik dari perkembangan motorik, kognitif dan juga perkembangan personalsosial. Anak usia 6-12 tahun bisa memainkan permainan ini dengan mengikuti peraturan main yang sudah ditetapkan. Namun untuk menghindari penyalahgunaan permainan kartu ke arah perjudian, sebaiknya anak di awasi dalam permainan ini. Permainan ini sudah sesuai dengan teori perkembangan yang dikemukakan beberapa tokoh. Permainan kartu ini banyak di manfaatkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dalam mengenalkan warna, nama-nama benda, dan sebagainya. 10
DAFTAR PUSTAKA
Materi Perkembangan Anak 6-12 Tahun (File Slide Show Power Point) Materi Bermain ( File Slide Show Power Point) http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_remi http://www.pagat.com/ http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20071018230005AAhT0Qz 11
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bermain adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yangditimbulkannya, tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Bermain dilakukan secara suka reladan tidak ada paksaan atau tekanan dari luar atau kewajiban. Masa usia anak-anak biasa disebut dengan masa bermain, karena dengan bermain anak bisa mengembangkan semua potensi di dalam dirinya, moral, sosial, emosi, ekspresi, dan sebagainya. Salah satu fungsi bermain adalah anak bisa menyalurkan energinya serta menimbulkan kesenangan bagi anak. Bermain tidak hanya berfungsi menyalurkan energi dan menimbulkan kesenangan bagi anak, akan tetapi bermainpun dapat dijadikan sumber belajar bagi anak. Secara tidak langsung dan tidak disadari oleh anak, ketika memainkan sebuah permainan sebenarnya anak sudah mendapatkan pembelajaran dari jenis permainan yang dimainkannya. Setiap jenis permainan hampir semuanya mengandung unsur pembelajaran, termasuk dalam permainan kartu. Banyak yang beranggapan bahwa permainan kartu identik dengan judi atau permainan pengisi waktu luang yang tidak membawa manfaat, terutama bagi anak-anak. Namun ternyata di dalam permainan kartu pun mengandung manfaat bagi anak. Untuk itu, dalam makalah ini penulis akan membahas hasil analisis dari video anak bermain kartu.
B. Rumusan masalah
1. Apa saja aspek perkembangan anak berdasarkan Teori (6-12th)?
2. Bagaimana bentuk permainan kartu (aturan permainan, tahapan, perlengkapan)?
3. Apa kesesuaian permainan dengan aspek perkembangan?
4. Bagaimana permainan kartu bisa menjadi sumber belajar?
C. TujuanPenulisan
1. Dapat menganalisis aspek perkembangan anak berdasarkan Teori (6-12th) 2. Dapat mengetahui bentuk permainan kartu (aturan permainan, tahapan, perlengkapan) 3. Dapat mengetahui kesesuaian permainan dengan aspek perkembangan 4. Dapat mengetahui permainan kartu sebagai sumber belajar.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Analisis Aspek Perkembangan Anak Berdasarkan Teori Berikut ini adalah biodata subyek anak bermain yang akan dianalisis aspek perkembangannya berdasarkan teori: No 1 2 3 4 Nama Dian Manda Ibnu Sa’diyah Jenis Kelamin Perempuan Perempuan Laki-Laki Perempuan Usia 8 Tahun 8 Tahun 8 Tahun 9 6Tahun
1. Profil umum Perkembangan
 Menurut Hurlock :
1) Masa berkelompok
2) Proses penyesuaian diri dengan standar yang disetujui kelompoknya
3) Usia kreatif 4) Usia bermain karena luasnya minat anak
 Menurut Santrock:
1) Perubahan fisik (tubuh) pada anak.
2) Kemampuan menganalisis kata
3) Memiliki kreativitas
4) Menjalin relasi dengan teman sebayanya.
a. Usia 6 Tahun
1) Pertumbuhan fisik
 Tinggi badan anak laki-laki ± 110-117,5 cm; anak perempuan ± 105115.Berat badan anak laki-laki ±17,3-21,4Kg; anak perempuan ±19,122,3Kg.
 Kecepatan denyut nadi 80denyut/menit; kecepatan bernafas 18-28 helanafas/ menit
 Tanggalnya gigi susu, mulai keluarnya gigi permanen.
 Membutuhkan ± 1600-1700 kalori/ hari 3
2) Perkembangan motorik
 Kekuatan massa ototnya bertambah
 Pengendalian keterampilan motorik halus dan kasarnya semakin baik
 Menyukai kegiatan fisik yang membutuhkan banyak energi
 Aktif dan cenderung susah diam
 Ketangkasan dan koordinasi mata-tangannya meningkat seiring fungsi motoriknya
 Suka membuat suatu karya seni
 Belajar menulis angka dan huruf dengan tepat
 Menggambar dan menjiplak, melipat dan menggunting
 Belajar mengikat tali sepatu sendiri
3) Perkembangan Kognitif
 Memahami konsep waktu sederhana
 Belajar mengklasifikasikan sesuatu
 Menyukai tantangan puzzle (teka-teki sederhana)
 Masih terbatasnya pengetahuan tentang hal spiritual
 Masih mempercayai hal berupa fantasi
 Bertambahnya rentang waktu berkonsentrasi
 Mempelajari 5-10 kata baru, memiliki kosakata 10.000-14.000kata
 Berbicara tanpa henti (mengoceh)
 Mengungkapkan keinginannya melalui bahasa disertai agresi fisik
 Senang menceritakan hal-hal lucu
 Menirukan ucapan-ucapan populer
 Senang dibacakan cerita
 Mulai mempelajari lebih dari satu bahasa
4) Personal - Sosial
 Mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba
 Menjadi lebih Tidak mudah tergantung pada orang tuanya
 Membutuhkan dan mencari persetujuan, pujian dari orang dewasa
 Egois masih tinggi
 Mudah kecewa dan frustasi
 Antusias dan ingin tahu tentang sekitar
 Mudah kecewa dan frustasi oleh sesuatu yang dianggap kegagalan. 4
b. Usia 8 tahun
1) Pertumbuhan fisik
 Tinggi anak laki-laki ±120-130cm; anak perempuan ±115-122,5Cm
 Berat badan naik ±2,3-3,2Kg/Thn (± 25-27kg)
 Jarang sakit seiring berkembangnya daya tahan tubuh
 Beberapa anak perempuan mulai ada perubahan pada sekitar payudara dan munculnya bulu halus disekitar kemaluan.
2) Perkembangan Motorik
 Mencari kegiatan bermain yang bersifat tim
 Menyukai kegiatan yang menghabiskan banyak energi
 Keseimbangan, ketangkasan, kecepatan meningkat
 Menyalin kata dan angka dari papan tulis dengan cepat dan tepat
3) Perkembangan Kognitif
 Memahami adanya perbedaan pendapat
 Menerima tantangan dan tanggung jawab dengan antusias
 Memahami perspektif (bayangan, jarak, bentuk)
 Memahami kejadian sehari-hari dengan logika yang lebih sistematis
 Menambah dan mengurangi angka beberapa digit; perkalian dan pembagian
4) Perkembangan bahasa
 Menggunakan bahasa untuk mengkritik dan memuji orang lain; mengumpat, meniru ucapan populer
 Memahami dan mengikuti aturan kata dalam percakapan dan bentuk tertulis
 Mampu berbicara masa tentang masa lampau atau masa depan
 Mendiskripsikan sesuatu imajinatif dan mendetail
5) Personal - Sosial
 Mulai membentuk pendapat mengenai nilai dan sikap moral
 Mulai berkurangnya dalam mengkritik diri sendiri
 Mengerti dan menghargai akan kemampuan dan kelebihan anak lain
 Masih mencari perhatian dan pengakuan terhadap orang dewasa
 Suka berargumentasi dengan teman atau orang dewasa. 5
B. Bentuk Permainan Kartu Sebelum membahas bentuk permainan kartu, terlebih dahulu akan dibahas tentang hakekat bermain.
1. Hakekat Bermain
a. Definisi Bermain Menurut Hurlock,
Bermain adalah setiap kegiatan yang dilakukan untuk kesenangan yang ditimbulkannya, tanpa mempertimbangkan hasil akhir. Bermain dilakukan secara sukarela dan dan tidak ada paksaan atau tekanan dari luar atau kewajiban. Drijarkaramenyatakan bahwa dalam bermain bukan hanya merupakan aktivitas jasmani saja tetapi juga menyangkut fantasi, logika, dan bahasa. Sehingga dalam bermain dibutuhkan keterpaduan antara fisik dalam hal ini aktivitas jasmani dan psikis yaitu logika, persepsi, asumsi, emosi, keberanian, kecerdasan dan lain-lain.
b. Ciri-ciri Bermain o Dilakukan atas pilihan sendiri, motivasi intrinsik o Anak yang bermain mengalami emosi-emosi positif o Fleksibilitas o Tidak ada tekanan & tidak ada target yang harus dicapai o Bebas memilih o Menekankan pada proses daripada hasil o Mempunyai kualitas pura-pura o melibatkan peran aktif anak, baik secara fisik maupun psikologis
2. Aturan,
Tahapan Permainan Kartu, dan Perlengkapan Permainan Kartu Kartu permainan (bahasa Inggris: playing cards), atau lebih dikenal dengan kartu remi, adalah sekumpulan kartu seukuran tangan yang digunakan untuk permainan kartu. Kartu ini sering juga digunakan untuk hal-hal lain, seperti sulap, enkripsi, permainan papan, dan pembuatan rumah kartu. Kata “remi” itu sendiri sebenarnya adalah nama salah satu permainan kartu.Ada 1001 macam permainan kartu. Setiapnegara, bahkanwilayahsuatunegara, memilikijenispermainannyasendiri. Di Indonesia, akrabdenganistilahpermainan“41”, “remi”, “cangkulan”, dsb. Namun, 6 yang populer di banyaknegaramisalnyapoker, canasta, blackjack, casino, solitaire, bridge, denganjumlahpemain yang bisaberbeda-beda. Kartu permainan yang dimainkan dalam video menganai anak bermain adalah jenis cangkulan. Namun jenis kartu yang digunakan bukan kartu remi, melainkan kartukartu bergambar yang biasanya di bagian atas terdapat nomor urutan kartu tersebut. o Aturan dan Tahapan Permainan Kartu Cangkulan :
1. Kartu masing-masing orang bisa 3 sampai 7 kartu, disesuaikan dengan jumlah peserta permainan. Permainan berjalan sesuai jarum jam.
2. Kartu dikocok
3. Ronde pertama, buka satu kartu dari tumpukan.
4. Tiap peserta harus mencocokkan gambar/jenis nya. Pemenang sebuah ronde adalah yang angkanya paling tinggi.
5. Apabila ada peserta yang tidak punya warna/jenis yang sama dengan yang dibuka, harus mengambil dari tumpukan kartu.
6. a. Variasi #1, mengambil dari tumpukan sampai menemukan yang sama, dan langsung mengikuti permainan.
b. Variasi #2, mengambil satu saja, dan kehilangan giliran permainan. Apabila saat ingin mengambil tumpukan tapi tumpukan sudah habis, kartu yang terbuka diambil semua. Pemain yang seharusnya mendapat giliran jalan menjadi kehilangan giliran.
7. Permainan diteruskan sampai kartu ditangan habis.
a. Variasi #1, permainan selesai setelah ada yang menang (terutama apabila jumlah peserta hanya sedikit)
b. Variasi #2, permainan selesai setelah ada yang kalah.
C. Kesesuaian Permainan Dengan Aspek Perkembangan Berdasarkan Teori Jumlah pemain dalam permainan kartu yang divideokan ini terdiri dari empat orang anak, yaitu 3 orang anak perempuan dan 1 orang anak laki-laki. Usia anak-anak tersebut 3 orang berusia 8 tahun, dan 1 orang berusia 6 tahun. - Kesesuaian permainan pada anak yang berusia 8 tahun:
 Pada saat kegiatan mengocok kartu bagian ini Aspek perkembangan motorik dalam Keseimbangan, ketangkasan, kecepatan tangansudah terlatih dan meningkatsesuai dengan aspek perkembangan di usianya. 7
 Pada aspek perkembangan sosial, anak dapat membentuk pendapat mengenai nilai dan sikap, menerima kekalahan, menghargai akan kemampuan dan kelebihan dan juga mengerti kekurangan temannya, anak juga berargumentasi dengan temannya.
 Pada Aspek Perkembangan bahasa Menggunakan bahasa untuk mengkritik dan memuji temannya, dapat memahami dan mengikuti aturan permainan. - Kesesuaian permainan pada anak yang berusia 6 tahun:
 Pada aspek perkembangan motorik, pemain yang berusia 6 tahun lebih aktif dan cenderung susah diam dari posisi duduknya, ketangkasan dan koordinasi mata-tangannya meningkat terlihat pada saat si anak sigap ketika kartu dibagikan.
 Dengan mencocokkan kartu, anak sudah mulai belajar mengklasifikasikan sesuatu dan belajar berkonsentrasi.
 Ketika merasakan bosan, anak berbicara tanpa henti (mengoceh), mengungkapkan keinginannya melalui bahasa disertai agresi fisik.
 Karena sifat egois yang masih tinggi, anak mudah kecewa ketika kalah.
 Mengalami perubahan suasana hati secara tiba-tiba sehingga anak meninggalkan permainnya, Egois masih tinggi.
D. Permainan Kartu sebagai Sumber Belajar Permainan kartu ini dapat dijadikan sumber belajar bagi anak yang memainkannya. Berikut ini manfaat yang dapat diambil dan dijadikan sumber belajar dalam bermain kartu: - Melatih Membedakan Bentuk Gambar Dalam permainan ini, anak diarahkan untuk membedakan bentuk-bentuk gambar yang terdapat di balik kartu. Hal ini sangat membantu melatih anak berpikir dan melatih daya ingat anak. - Melatih Membedakan Angka Untuk anak yang sudah bisa mengenal angka, hal ini sangat membantu. Dalam permainan ajarkan saja angka-angka dalam kartu dan tunjukan apakah nilainya lebih besar atau kecil. Hal ini sangat membantu anak untuk mengetahui urutan angka, termasuk membedakan mana yang lebih besar atau kecil. Usahakan jika 8
Anak harus membagi kartu, cobalah si Anak mengucapkan urutan angka 1 sampai 9ketika membagikan atau mengucapkan angka jika mau menjatukan kartu. - MelatihLogikaAnak Kemampuan logika anak, menurut saya sangat berperan penting dalam kecerdasan anak dan kemampuan memecahkan masalah. Dalam permainan cangkulan/kartu, anak bisa berstrategi bagaimana cara membuat lawan terus-terusan mengambil kartu baru. Anak bisa mengingat kartu apa yang lawan tidak miliki. Saya sempat kaget, karena anak saya dengan cepat tau strategi ini, dan saya pun bisa dikalahkan dengan mudah. - Melatih Mental Anak Melatih mental disini adalah dengan bermain kartu dapat mengajarkan anak untuk bisa menerima kekalahan dan tidak bosan jika terpaksa dia harus terus-terusan mengambil kartu baru. Setiap anak mempunyai suasana hati yangberbeda-beda terutama anak mempunyai sifat ingin menang.Hal ini akan membantu membentuk mental anak untuk bisa motivasi diri untuk tetap bertahan. Jangan sampai menjatuhkan atau merendahkan anak jika kalah.
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan
Sumber belajar tidak hanya berasal dari guru atau buku saja, belajar pun bisa bersumber dari permainan. Karena pada anak usia 6-12 tahun merupakan masamasa bermain. Permainan kartu merupakan salah satu permainan yang bisa dijadikan sumber belajar, karena bermain kartu memiliki beberapa manfaat bagi perkembangan anak, baik dari perkembangan motorik, kognitif dan juga perkembangan personalsosial. Anak usia 6-12 tahun bisa memainkan permainan ini dengan mengikuti peraturan main yang sudah ditetapkan. Namun untuk menghindari penyalahgunaan permainan kartu ke arah perjudian, sebaiknya anak di awasi dalam permainan ini. Permainan ini sudah sesuai dengan teori perkembangan yang dikemukakan beberapa tokoh. Permainan kartu ini banyak di manfaatkan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah dalam mengenalkan warna, nama-nama benda, dan sebagainya. 10
DAFTAR PUSTAKA
Materi Perkembangan Anak 6-12 Tahun (File Slide Show Power Point) Materi Bermain ( File Slide Show Power Point) http://id.wikipedia.org/wiki/Kartu_remi http://www.pagat.com/ http://id.answers.yahoo.com/question/index?qid=20071018230005AAhT0Qz 11